OSK – Persiapan

Note: Catatan ini ditulis seminggu sebelum OSK 2013

Banyak di antara kita yang karena satu-dua hal baru bisa mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti OSK minggu depan. Tentu saja persiapan yang baik seharusnya dari jauh-jauh hari. Dulu saya mempersiapkan diri selama kurang lebih satu tahun, dan menghabiskan sangat banyak waktu. Tetapi, kalau memang tidak memungkinkan, bukan berarti kita tidak bisa melakukan ‘perlawanan’. Karena ada beberapa yang minta advice, saya coba rangkum di sini. Semoga membantu.

Kalau belum pernah belajar pemrograman sebelumnya, plan waktu sebaik mungkin. Untuk penjelasan di sini, saya gunakan contoh materi yang dulu saya gunakan untuk belajar Pascal: http://www.baskent.edu.tr/~tkaracay/etudio/ders/prg/pascal/PasHTM1/index.html

Salah satu contoh plan yang bisa digunakan:

  • Gunakan 2 hari penuh untuk instalasi Free Pascal (http://www.freepascal.org/download.var) dan belajar dasar-dasar pemrograman: Chapter 1, 3, 4, dan 5. Serta kerjakan Quiz 1, 3, 4, dan 5 sebanyak-banyaknya. Kerjakan semua latihan praktek di Free Pascal.
  • Gunakan 2 hari penuh lagi untuk belajar Chapter 6 dan 7, serta Quiz 6 dan 7. Kerjakan semua latihan praktek di Free Pascal.
  • Hari-hari sisanya, gunakan untuk mengerjakan soal-soal tahun sebelumnya. Soal-soal teori bisa didapat dari: http://angelinaveni.com/programming-2/ (bagian soal-soal teori), dan juga: http://www.toki.or.id/download/

Tips tambahan:

  • Cari teman-teman yang juga berminat. Ajak belajar bersama dan membahas soal-soal tahun-tahun sebelumnya bersama-sama. Belajar bersama lebih mudah dan relatif lebih menyenangkan. (optional)
  • Apabila bingung, silakan diskusi di: http://www.facebook.com/groups/olimpinfo/. Itu lebih disarankan daripada bertanya langsung ke salah satu alumni, karena di grup itu ada banyak orang yang bisa membantu sehingga respon jawaban bisa lebih cepat. Sedangkan kalau bertanya ke satu orang saja, perlu tunggu orang itu punya waktu.
  • Tentu saja, menu latihan di http://tokilearning.org/guest adalah alternatif yang baik juga untuk latihan.
  • Berhenti menyalahkan kondisi: saya ga ada yang ngajarin, saya ga bisa bahasa Inggris, dll. Seriously, stop it. Gunakan waktu yang tersisa untuk belajar dengan plan yang baik tadi. Kalau ada masalah bahasa, gunakan kamus ataupun http://translate.google.co.id/
  • Buku itu tidak mesti ada, selama kalian bisa belajar, link-link yang ada di sini bisa jadi alternatif dari buku.
  • Optimis. Setiap orang yang ikut lomba harus optimis dan punya target (dalam hal ini, lolos ke OSP). Jangan pernah ikut kompetisi cuma untuk ‘mencari pengalaman untuk tahun depan’. Do your best now. Tahun depan belum tentu ada kesempatan lagi.
  • Gunakan waktu sebanyak mungkin untuk belajar. Berhenti dulu dari kegiatan-kegiatan lain yang tidak urgent.

PS:

  • Tentu saja ini bukan plan yang sempurna untuk menjadi sangat kompetitif, dan materi di sini masih belum lengkap. Tapi plan ini setidaknya cukup baik menurut saya untuk waktu yang sangat singkat.
  • Ini bukan berarti saya mendukung sistem ‘kebut’. Ini hanyalah ‘apa yang bisa dilakukan selama satu minggu’ sebelum OSK.

Semoga ini bisa sedikit banyak menaikkan level kompetisi di tingkat Kota. Good luck! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *